Senin, 09 November 2009

PENILAIAN


A. Pengertian Penilaian
Penilaian adalah proses sistematis meliputi pengumpulan informasi (angka,deskripsi verbal), analisis, interpretasi informasi untuk membuat keputusan.

B. Pengertian penilaian kelas
Proses pengumpulan & penggunaan informasi oleh guru melalui sejumlah bukti untuk membuat keputusan tentang pencapaian hasil belajar/kompetensi siswa.

C. Ciri Penilaian Kelas
1. Belajar Tuntas
Belajar Tuntas (mastery learning): peserta didik tidak diperkenankan mengerjakan pekerjaan berikutnya, sebelum mampu menyelesaikan pekerjaan dengan prosedur yang benar, dan hasil yang baik.
“Jika peserta didik dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuannya untuk beberapa mata pelajaran dan diajarkan sesuai dengan karakteristik mereka, maka sebagian besar dari mereka akan mencapai ketuntasan”.
(John B. Carrol, A Model of School Learning)
Guru harus mempertimbangkan antara waktu yang diperlukan berdasarkan karakteristik peserta didik dan waktu yang tersedia di bawah kontrol guru (John B. Carrol)
“Peserta didik yang belajar lambat perlu waktu lebih lama untuk materi yang sama, mereka dapat berhasil jika kompetensi awal mereka terdiagnosis secara benar dan mereka diajar dengan metode dan materi yang berurutan, mulai dari tingkat kompetensi awal mereka”

2. Otentik
§ Memandang penilaian dan pembelajaran secara terpadu
§ Mencerminkan masalah dunia nyata bukan dunia sekolah
§ Menggunakan berbagai cara dan kriteria
§ Holistik (kompetensi utuh merefleksikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap,)

3. Berkesinambungan
Memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil terus menerus dalam bentuk Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester, dan Ulangan Kenaikan Kelas.
Ulangan Harian : selesai satu atau beberapa Indikator. (tertulis, observasi, penugasan, atau lainnya)
§ Ulangan Tengah Semester : selesai beberapa Kompetensi Dasar pada semester yang bersangkutan
§ Ulangan Akhir Semester : selesai semua Kompetensi Dasar pada semester yang bersangkutan. § Ulangan Kenaikan Kelas : selesai semua Kompetensi Dasar pada semester ganjil dan genap, dengan penekanan pada kompetensi dasar semester genap

4. Berdasarkan Acuan Kriteria/Patokan
Prestasi kemampuan peserta didik Tidak dibandingkan dengan peserta kelompok, tetapi dengan kemampuan yang dimiliki sebelumnya dan patokan yang ditetapkan

5. Menggunakan Berbagai Cara & Alat Penilaian
§ Mengembangkan dan menyediakan sistem pencatatan yang bervariasi
§ Menggunakan penilaian yang bervariasi: Tertulis, Lisan, Produk, Portofolio, Unjuk Kerja, Proyek, Pengamatan, dan Penilaian Diri

D. Teknik Penilaian
§ Unjuk Kerja (Performance) pengamatan terhadap aktivitas siswa sebagaimana terjadi (unjuk kerja, tingkah laku, interaksi) Cocok untuk :
§ Penugasan (Proyek/Project) Penilaian terhadap suatu tugas yang mengandung penyelidikan yang harus selesai dalam waktu tertentu
§ Hasil kerja (Produk/Product)
§ Tertulis (Paper & Pen)
§ Portofolio (Portofolio)
§ Sikap
§ Diri (Self Assessment)

E. Manfaat Hasil Penilaian
§ Remedial Dilakukan bila nilai indikator kurang dari nilai kriteria ketuntasan belajar.
§ Pengayaan Dilakukan bila tuntas lebih cepat
§ Perbaikan program perbaikan & kegiatan bila tidak efektif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar