Senin, 09 November 2009

Pengertian Proses Belajar-Mengajar di sekolah



Proses Belajar Mangajar adalah merupakan suatu rangkaian kegiatan komunikasi antara manusia, sehingga manusia itu tumbuh sebagai pribadi yang utuh dan manusia tumbuh melalui belajar. Kegiatan belajar-mengajar merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, sebab siswa melakukan kegiatan belajar karena guru mengajar, atau guru mengajar agar siswa belajar.
Tujuh unsur utama dalam proses belajar adalah :

1. Tujuan. Belajar dimulai karena adanya sesuatu tujuan yang ingin dicapai. Sesuatu perbuatan belajar akan efisien apabila terarah kepada tujuan yang jelas dan berarti bagi individu.

2. Kesiapan yang dibutuhkan dalam belajar termasuk kesiapan fisik dan psikis, kesiapan untuk melakukan sesuatu, maupun penguasaan pengetahuan dan kecakapan-kecakapan yang mendasarinya.

3. Kegiatan belajar berlangsung dalam suatu situasi belajar. Dalam situasi belajar itu terlibat tempat, lingkungan sekitar, alat dan bahan yang dipelajari.

4. Interpretasi. Dalam menghadapi situasi, individu mengadakan interpretasi, yaitu melihat hubungan diantara komponen-komponen situasi belajar, melihat makna dari hubungan tersebut dan menghubungkannya dengan kemungkinan pencapaian tujuan.

5. Respons. Berpegang kepada hasil dari interpretasi apakah individu mungkin atau tidak mungkin mencapai tujuan yang diharapkan, maka ia memberikan respons. Respons ini mungkin berupa suatu usaha coba-coba, atau usaha yang penuh dengan perhitungan.

6. Konsekuensi. Apabila siswa berhasil dalam belajarnya ia akan merasa puas, senang dan akan lebih meningkatkan semangatnya untuk melaksanakan usaha-usaha belajar berikutnya.

7. Reaksi terhadap kegagalan. Reaksi siswa terhadap kegagalan dalam belajar bisa bermacam-macam. Kegagalan bisa menurunkan semangat, dan memperkecil usaha-usaha belajar selanjutnya, tetapi bisa juga sebaliknya, kegagalan dapat membangkitkan semangat yang berlipat ganda.

Interaksi belajar-mengajar di sekolah merupakan interaksi yang berencana .... Interaksi belajar-mengajar di sekolah merupakan interaksi yang berencana ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar