Rabu, 04 November 2009

Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi



Seperti yang kita tahu bahwa internet adalah jaringan komputer untuk keperluan komunikasi dan informasi. Sebuah komputer dalam satu jaringan internet, berkomunikasi tanpa mengenal batas daerah,juga waktu. Informasi yang ada di internet dapat berupa suara, gambar,video, dan juga teks.


Perkembangan internet memberikan peranan yang sangat berarti seperti saat ini. Internet merupakan wujud kemajuan teknologi informasi (Komputer dan Telekomunikasi) yang karena mampu membawa kita pada era globalisasi, suatu era dimana jarak suatu daerah, atau negara juga waktu-pun dihilangkan oleh Internet. Dimana dan kapanpun, asal kita terhubung ke internet, maka kita dapat bekerja, berkomunikasi, berinteraksi, menciptakan dan menyebarkan data, informasi, dan pengetahuan dengan teramat sangat cepat, ke berbagai belahan dunia.


Kemajuan teknologi informasi kini telah mengubah cara masyarakat menghabiskan waktu dan cara mengerjakan sesuatu. bias manfaatnya sangat begitu luas. Kini muncul bentuk-bentuk perubahan baru dalam aktifitas kehidupan masyarakat sebagai dampak dari kemajuan TI.


Dunia pendidikan termasuk yang paling diuntungkan dari kemajuan TI karena memperoleh manfaat yang luar biasa. Mulai dari eksplorasi materi-materi pembelajaran berkualitas seperti literatur, jurnal, dan buku, sampai membangun forum-forum diskusi ilmiah, , semua itu dapat dengan mudah dilakukan dan tanpa mengalami hambatan berarti karena setiap individu dapat melakukannya sendiri. Hal tersebut telah memberikan warna dalam sistem pendidikan dunia, yang dikenal dengan berbagai istilah e-learning, distance learning, online learning, web based learning, computer-based learning, dan virtual class room, dimana semuanya mengacu pada pengertian yang sama yakni pendidikan berbasis teknologi informasi.


Pemerintah Indonesia termasuk tanggap terhadap kebutuhan dunia pendidikan berbasis TI. Sebagai contoh, pada pendidikan , ketersediaan internet kini semakin meluas, mulai tersedia teknologi video, yang semuanya itu memberikan penguatan pada proses belajar mengajar dikampus. Demikian juga pada pendidikan dasar, menengah dan kejuruan, Pemerintah telah membangun situs pembelajaran e-dukasi.net, penyediaan jardiknas (meski masih belum menyeluruh) adalah wujud nyata langkah pemerintah dalam membangun e-education pada dunia pendidikan di tanah air.

Pendidikan berbasis TI merupakan suatu sistem pendidikan dimana proses belajar-mengajar berlangsung dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dalam sistem ini interaksi antara pengajar (guru) dan peserta (murid) ajar tidak harus saling bertatap muka (bertemu) secara fisik seperti halnya dalam sistem pendidikan konvensional, mereka bertemu dalam ruang teknologi informasi (internet) dengan memanfaatkan suatu media yang disebut komputer.


Materi pembelajaran, buku berubah menjadi informasi digital pada sistem pembelajaran berbasis TI. Karena perubahan tersebut, mereka tidak harus bertatap muka secara fisik, proses belajar mengajar berubah. Dalam pendidikan berbasis TI Pengajar dan peserta harus sama-sama menguasai teknologi informasi yang digunakan didalam pembelajaran agar proses belajar mengajar dapat berlangsung.


Kemajuan tekhnologi Informasi dan Komusikasi yang telah menginfeksi di segala bidang, tidak terkecuali untuk dunia pendidikan. Untuk menggapai sekolah berbasis TI tidak hanya siswa, para guru-gurupun wajib menguasai IT khususnya pada proses pembelajaran


Hal ini bermuara dari pelatihan pembuatan media pembelajaran, ... Alhamdulillah sekarang para guru di SMPN 9 Cimahi sudah banyak yang bisa membuat media pembelajaran berbasis IT sendiri.


Disamping karena harus mengubah cara proses belajar mengajar pengajar dan peserta, investasi yang besar dalam menyediakan insfrastruktur TI yang memadai agar proses pembelajaran dapat berlangsung, juga menjadi masalah tersendiri.


Pendidikan berbasis TI kemudian mengambil bentuk-bentuk yang lebih sederhana untuk mengurangi beratnya implementasi secara murni, seperti menggunakan jaringan intranet (intranet adalah jaringan komputer lokal yang merupakan bentuk miniatur dari internet) dan menggunakan media CD-ROM.

Proses pembelajaran pada jaringan lokal intranet memiliki karakteristik hampir sama dengan proses pembelajaran pada jaringan internet, hanya saja dilakukan dalam satu ruangan atau dalam satu gedung atau dalam area yang lebih luas.


Satu hal yang harus diingat, bentuk apapun yang diambil dari pendidikan berbasis TI, harus tetap mengacu pada tujuan utama yakni memperbaiki secara signifikan kualitas belajar dan mengajar di kelas dan juga meningkatkan literasi teknologi informasi.


Sekolah Berbasis Tekhnologi Informasi


Sekolah berbasis TI memiliki cakupan yang lebih luas dari pendidikan berbasis TI. Kalau pada pendidikan berbasis TI yang disasar hanya proses belajar mengajar, maka pada sekolah berbasis TI selain proses belajar mengajar, ada hal-hal lain yang juga disentuh dengan TI

Sistem informasi pendidikan adalah sistem untuk mengelola data-data pendidikan, sistem informasi administrasi mengelola data administrasi dan keuangan sekolah, sistem informasi perpustakaan mengelola data-data buku dan literatur di perpustakaan, dan sistem monitoring berbasis SMS adalah sistem untuk memantau jam masuk dan pulang sekolah murid dengan memadukan teknologi SMS dan sidik jari. Sistem monitoring sangat berguna bagi orang tua (keluarga) murid. Semua sistem tersebut berguna untuk meningkatkan efektifitas penyelenggaraan sekolah dan sistem pendidikan berbasis TI...


Media Pembelajaran Berbasis TI

Internet

Internet adalah media sesungguhnya dalam pendidikan berbasis TI, karena perkembangan internet kemudian muncul model-model e-learning, distance learning, web base learning, dan istilah pendidikan berbasis TI lainnya.


Intranet

Apabila penyediaan infrastruktur internet mengalami suatu hambatan, maka intranet dapat dijadikan alternatif sebagai media pendidikan berbasis TI. Karakteristik intranet hampir sama dengan internet, hanya saja untuk area lokal (dalam suatu kelas, sekolah, gedung, atau antar gedung).


Mobile Phone

Pembelajaran berbasis TI juga dapat dilakukan dengan menggunakan media telpon seluler, hal ini dapat dilakukan karena kemajuan teknologi telpon seluler yang pesat. Seseorang bisa mengakses materi pembelajaran, mengikuti pembelajaran melalui telpon seluler.


CD-ROM/Flash Disk

Media CD-ROM atau flash disk dapat menjadi pilihan apabila koneksi jaringan internet/intranet tidak tersedia. Materi pembelajaran disimpan dalam media tersebut, kemudian dibuka pada suatu komputer. Pemanfaatan media CD-ROM/flash disk merupakan bentuk pembelajaran berbasis TI yang paling sederhana dan paling murah....


Untuk mencapai pembelajaran yang bermutu dan bertekhnologi memang tidak mudah banyak tantangan dan prasyarat yang harus dipenuhi tapi selama kita punya keinginan dan berusaha ... Insya Allah hal itu akan tercapai ... Amien

Tidak ada komentar:

Posting Komentar